Tour de Bencoolen jadi Ajang Promosi Wisata ke Kancah Internasional

BENGKULU – Atlet sepeda dari enam negara direncanakan bakal meramaikan Tour de Bencoolen, di provinsi Bengkulu, pada Juni 2019. Tidak hanya atlet sepeda dari lima negara. Namun, dalam Tour de Bencoolen juga diikuti atlet sepeda dari berbagai provinsi di Indonesia.

Atlet sepeda dari enam negara itu dari Turki, Rusia, Vietnam, Brunai Darussalam, Singapura dan Malaysia. Sebagaimana disampaikan Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Bengkulu, Gotri Suyanto.

”Tour de Bencoolen akan dilaksanakan pada Juni 2019 mendatang. Ini menjadi event sangat strategis dalam mempromosikan Bengkulu ke mata Internasional,” kata Gotri, Senin (6/5/2019).

Ajang internasional ini, sampai Gotri, pemerintah daerah (pemda) provinsi Bengkulu akan ‘bersolek’ guna persiapan dalam ajang ini. Di mana dalam hal ini, kata Gotri, juga melibatkan 6 kabupaten/kota di provinsi berjuluk ”Bumi Rafflesia”.

Sebab, lanjut Gotri, enam daerah itu akan dijadikan lintasan dalam ajang Tour de Bencoolen. Di maan titik start di mulai dari Kabupaten Kaur menuju Kabupaten Bengkulu Selatan lalu ke Kabupaten Seluma kemudian ke Kota Bengkulu dilanjutkan ke Kabupaten Bengkulu Tengah dan ke Kabupaten Kepahiang, finis.

”Kami akan berkoordinasi dengan kabupaten/kota. Kegiatan ini start-nya di Kaur kemudian finish di Kepahiang,” sampai Gotri.

Ditambahkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu, Atisar Sulaiman, kebutuhan anggaran pelaksanaan event Tour de Bencoolen, menelan biaya sekira Rp4 Miliar. Hingga saat ini, kata Atisar, terdapat 7 tim peserta dari luar negeri dan 6 tim dalam negeri yang telah konfirmasi hadir.

”Dengan besaran anggaran yang kita butuhkan ini. Kami juga meminta kepada kabupaten yang di lintasi, mulai dari kabupaten Kaur sebagai titik start, Bengkulu Selatan dan Kota Bengkulu, itu turut membantu untuk suksesnya event tersebut,” jelas Atisar.

Untuk kualitas lintasan, sampai Atisar, akan ditangani oleh Balai Wilayah VII Kementerian PUPR. Di mana jalur lintasan akan diperbaiki pada bagian jalan rusak yang terdapat di 407 titik.

”Pada pinsipnya pihak Balai itu telah siap mengerjakan peningkatan kualitas jalan. Mulai dari Manna ke Kota Bengkulu. Jadi, namanya sudah lelang, pak gubernur minta pembangunannya dilaksanakan sekarang,” pungkas Atisar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!