Pisang Goreng dengan Cocolan Sambal, Legit Menggoyang Lidah

BENGKULU – Siapa yang tidak tahu dengan dengan pisang goreng. Camilan satu ini sudah familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Tak terkecuali masyarakat di Provinsi Bengkulu. Makanan ringan satu ini dapat dijumpai di seluruh penjuru provinsi berjuluk ”Bumi Rafflesia”.

Di provinsi yang di huni tidak kurang dari 1,9 juta jiwa ini telah memasuki musim penghujan. Segala macam gorengan renyah dan hangat menjadi camilan favorit, menggugah selera. Terlebih gorengan itu memiliki citra rasa gurih dan renyah.

Camilan gorengan itu memiliki tekstur yang empuk serta luber di mulut dengan rasa legit menggoyang lidah. Sudah terbayang bagaimana rasa goreng pisang itu? Camilan satu mudah untuk diracik. Sehingga menggugah selera setiap yang menghirup bau dari gorengan ini.

Gorengan yang bikin luber di mulut itu goreng pisang sambal, fried banana sauce. Mendengar nama camilan itu tentu terasa asing ditelinga. Unik dan langka. Bahkan, sebagian masyarakat ”Bumi Rafflesia”, belum kenal dengan pisang goreng satu ini.

Camilan yang memiliki citra rasa tersendiri ini berasal dari tanah Manado, Sulawesi Utara. Di mana, pisang goreng dengan cocolan sambal ini membuat penikmatnya semakin ”panas”. Bahkan, mampu membuat siapa saja menjadi ketagihan.

Mau tahu cara membuat atau resepnya? Bahannya, tak jauh dari pisang goreng lainnya. Pisang kepok, misalnya. Pisang jenis ini salah satu jenis pisang yang digemari. Pisang ini sangat enak dinikmati ketika telah diolah.

Piasng Goreng Sambal yang menggoyang lidah. Foto Annam

Sebab, rasa serta teksturnya membuat pisang jenis ini banyak dicari. Terutama kalangan pedagang goreng pisang. Jenis pisang ini bukan tanpa alasan. Pisang kepok mempunyai daging tebal. Memiliki rasa lebih manis. Cocok untuk bahan utama pisang goreng.

Racikan pisang goreng, berbahan tepung terigu dicampur dengan air sesuai takaran. Sehingga menghasilkan kekentalan tertentu. Lalu, pisang diiris tiga atau empat tanpa putus. Tujuannya agar pisang terlihat lebar dan pipih ketika di goreng.

Cara pembuatan pisang satu ini tak jauh berbeda dengan pisang goreng pada umumnya. Namun, yang bikin unik ketika penikmat pisang goreng menyantapnya. Di mana pisang goreng ini dicocol dengan sambal ikan terasi.

Perpaduan sambal ikan terasi dengan pisang goreng, tentunya menghasilkan cita rasa khas ketika menggunyahnya. Menikmati pisang goreng dengan cocolan sambal merupakan pengalaman unik. Camilan satu ini tidak hanya bisa dinikmati di Manado. Namun, pisang goreng ini bisa dinikmati masyarakat ”Bumi Rafflesia”, dengan membuka usaha tersebut. Terlebih, pedagang kali lima.

Wasekjen dewan pimpinan pusat (DPP) asosiasi pedagang kaki lima (APKLI), Alisya Fianne Janne mengatakan, camilan pisang goreng cocolan sambal ini dapat menggugah selera. Tentunya penikmat pisang goreng.

Pisang goreng sambal, sampai Alisya, dapat dijadikan usaha baru bagi masyarakat Bengkulu. Terutama pedagang kaki lima (PKL). Bahkan, peluang usaha satu ini dapat dijadikan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

Hal tersebut tentunya, kata Alisya, tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai kalangan. Seperti, calon legisatif (Caleg) DPR-RI, daerah pemilihan Bengkulu, yang siap memperjuangakn masyarakat bawah. Pedagang Kaki Lima, misalnya.

”Kita harus memiliki perubahan dalam segi pelayanan di bidang usaha ekonomi kerakyatan. Salah satu caranya melalui promosi berbasis digital. Itu tidak lain juga menyambut era revolusi indutri 4.0,” kata Caleg DPR-RI Perempuan dari Partai Golkar nomor urut 3 dapil Bengkulu, ini.

Piasng Goreng Sambal yang menggoyang lidah. Foto Annam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!